MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS IV SDN GROBOGAN 04 KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2012/2013


Chamdani Lukman Bachtiar, 6101408093 (2013) MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS IV SDN GROBOGAN 04 KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS IV SDN GROBOGAN 04 KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS IV SDN GROBOGAN 04 KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Lompat jauh cenderung kurang diminati siswa kelas IV SDN Grobogan 04. Hal ini disebabkan karena minat dan motivasi yang kurang terhadap pelajaran penjasorkes. Sebagian besar siswa mengeluh dan merasa malas dalam melakukan lompat jauh. Melihat kurangnya minat siswa pada saat pembelajaran lompat jauh, maka guru pendidikan jasmani harus mempunyai metode pembelajaran inovatif yang menarik dan memodifikasi pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran lompat jauh? (2) Apakah penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan pengenalan gerak siswa pada mata pelajaran penjasorkes lompat jauh? (3) Apakah penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan gerak siswa pada mata pelajaran penjasorkes lompat jauh?. Dengan Tujuan Meningkatkan keterampilan guru, Meningkatkan aktivitas gerak siswa, Meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes. Alat pengambilan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, data hasil pengamatan unjuk kerja psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata 59,67 (cukup baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II rata-rata 81,25 (baik). Data hasil pengamatan afektif diperoleh hasil pada siklus I rata-rata 71 (cukup baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II rata-rata 84,6 (baik). Data hasil pengamatan pemahaman siswa (kognitif) diperoleh hasil pada siklus I rata-rata 57 (cukup baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II rata-rata 80,08 (baik). Sedangkan untuk tanggapan siswa terhadap media pembelajaran audio visual pada siklus I sebesar 83% (baik) sedangkan pada siklus II sebesar 90,6% (baik). Secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek pernyataan dalam angket mengalami peningkatan Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terbukti bahwa penerapan penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap pembelajaran atletik (lompat jauh) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan agar guru penjasorkes menggunakan media pembelajaran audio visual dalam mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, lompat jauh gaya jongkok.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:11
Last Modified: 07 May 2014 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19303

Actions (login required)

View Item View Item