MENGATASI SIBLING RIVALRY DALAM KELUARGA MELALUI KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK REFRAMING PADA SISWA KELAS VII E DI MTs NU UNGARAN


Fahmi Arif, 1301407021 (2013) MENGATASI SIBLING RIVALRY DALAM KELUARGA MELALUI KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK REFRAMING PADA SISWA KELAS VII E DI MTs NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENGATASI SIBLING RIVALRY DALAM KELUARGA MELALUI KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK REFRAMING PADA SISWA KELAS VII E DI MTs NU UNGARAN]
Preview
PDF (MENGATASI SIBLING RIVALRY DALAM KELUARGA MELALUI KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK REFRAMING PADA SISWA KELAS VII E DI MTs NU UNGARAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sibling rivalry adalah Perasaan kecemburuan, permusuhan. persaingan dalam mendapatkan cinta kasih, perhatian, pengakuan atau sesuatu yang lebih antar saudara kandung yang melibatkan kemarahan, kebencian, kecemburuan, ataupun permusuhan sehingga memunculkan konflik. Permasalahan ini jika tidak diatasi dapat berdampak lebih besar ketika anak-anak tersebut telah dewasa. Fenomena yang ada pada siswa kelas VII-E MTs NU Ungaran menunjukkan pada kelas tersebut terdapat beberapa siswa yang mengalami sibling rivalry. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konseling Rational Emotive Behavior dengan teknik reframing dapat mengurangi sibling rivalry pada siswa kelas VII-E MTs NU Ungaran. Jenis penelitian adalah penelitian eksperiment dengan desain penelitian one group pre-test dan pos-test design. Subyek penelitian ini, siswa kelas VII-E MTs NU Ungaran yang memiliki tingkat sibling rivalry yang tinggi melalui penjaringan menggunakan DCM sibling rivalry dan rekomendasi dari guru pembimbing yaitu terjaring 6 siswa, diantaranya adalah CK, DF, IA, RA, WP, dan VR. Metode pengumpulan data menggunakan skala sibling rivalry. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil pre test menunjukkan bahwa 6 siswa (subjek) memiliki masalah sibling rivalry dengan kategori tinggi. Setelah dilakukan konseling Rational Emotive Behavior dengan teknik reframing 6 siswa tersebut menunjukkan hasil pos test yang menurun yaitu gejala sibling rivalry berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil pre test dan pos test yang ada menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VII-E MTs NU Ungaran yang mengalami masalah sibling rivalry setelah dilakukan konseling Rational Emotive Behavior dengan teknik reframing. Berdasar hasil penelitian, peneliti memberikan saran a) guru pembimbing hendaknya melanjutkan pelaksanaan konseling serta dapat membantu mengatasi masalah sibling rivalry pada siswa, b) peneliti lanjutan agar dalam mengatasi masalah sibling rivalry tidak hanya terbatas pada indikator-indikator sibling rivalry yang terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sibling rivalry, Konseling Rational Emotive Behavior, teknik reframing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:14
Last Modified: 07 May 2014 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item