UPAYA MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA YANG MENGALAMI PENGABAIAN ORANG TUA MELALUI KONSELING REALITAS PADA SISWA DI KELAS VIII G SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Windi Astuti, 1301407019 (2013) UPAYA MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA YANG MENGALAMI PENGABAIAN ORANG TUA MELALUI KONSELING REALITAS PADA SISWA DI KELAS VIII G SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA YANG MENGALAMI PENGABAIAN ORANG TUA MELALUI KONSELING REALITAS PADA SISWA DI KELAS VIII G SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA YANG MENGALAMI PENGABAIAN ORANG TUA MELALUI KONSELING REALITAS PADA SISWA DI KELAS VIII G SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Self esteem merupakan penilaian seseorang secara umum terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang akhirnya menghasilkan perasaan keberhargaan atau kebergunaan diri dalam menjalani kehidupan. Fenomena yang ada pada siswa kelas VIII G SMP N 13 Semarang menunjukkan pada kelas VIII G terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah self esteem rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konseling realitas dapat mengatasi masalah self esteem rendah pada siswa yang mengalami pengabaian orang tua di kelas VIII G SMP N 13 Semarang. Jenis penelitian adalah pre eksperiment dengan desain penelitian one group pre test-pos test design. Subyek penelitian ini, siswa kelas VIII G SMP N 13 Semarang yang mengalami masalah self esteem rendah melalui penjaringan menggunakan DCM dan rekomendasi dari guru pembimbing yaitu terjaring 6 siswa, diantaranya adalah DA, IP, MH, NB, RS, SA. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil pre test menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa yang mengalami masalah self esteem rendah. Setelah dilakukan konseling realitas, 6 siswa tersebut menunjukkan hasil pos test yaitu meningkatnya self esteem siswa. Hasil uji wilcoxon menunjukkan rata-rata Zhitung = 2.201 > Ztabel = 0, maka dapat disimpulkan bahwa masalah self esteem rendah pada siswa yang mengalami pengabaian orang tua dapat diatasi dengan konseling realitas. Simpulan dari penelitian ini adalah masalah self esteem rendah siswa dapat diatasi melalui konseling realitas. Peneliti memberikan saran a) guru pembimbing hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam mengatasi masalah self esteem rendah siswa, b) siswa hendaknya mengoptimalkan peran guru pembimbing dalam mengatasi masalahnya khususnya self esteem rendah akibat pengabaian orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masalah self esteem rendah, Pengabaian Orang Tua, konseling realitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:14
Last Modified: 07 May 2014 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item View Item