MODEL PEMBELAJARAN SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN CEK-CEKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LODAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG


Nurul Ajitia Hasanudin Putri, 6101408084 (2013) MODEL PEMBELAJARAN SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN CEK-CEKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LODAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN CEK-CEKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LODAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN CEK-CEKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LODAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sepak takraw ini sangat di butuhkan untuk anak Sekolah Dasar, tetapi selama ini pembelajaran sepak takraw terlalu monoton, sering kali hanya mengacu pada perlombaan, kurang adanya variasi dalam pembelajaran sepak takraw. Karakteristik permainan cek-cekan relatif sama dengan model latihan sepak sila sehingga permainan ini akan meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan sepak sila. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimana model pembelajaran sepak sila melalui permainan cek-cekan pada Siswa Kelas V SDN Lodaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui menghasilkan produk pembelajaran sepak sila melalui permainan cek-cekan pada Siswa Kelas V SDN Lodaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran sepak sila melalui permainan cek-cekan. Adapun langkah-langkahnya 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan format produk awal, 4) Uji coba awal, 5) Revisi produk, 6) Uji coba lapangan, 7) Revisi produk, 8) Uji Lapangan, 9) Revisi produk akhir, 10) Desiminasi dan implementasi. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Lodaya 02 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang yang berjumlah 12 anak sedangkan uji coba kelompok besar berjumlah 36 anak. Jenis data merupakan data kuantitatif berupa kuesioner. Pengumpulkan data dengan lembar evaluasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan teknik statistik. Berdasarkan analisis data ahli dan guru penjas diketahui persentase penilaian model sebesar 77,33% dalam kategori baik. Hasil uji coba kelompok kecil didapat rata-rata 80,83%. Setelah dilakukan revisi atau perbaikan produk berdasarkan saran dari ahli dan guru penjas terjadi perubahan kemampuan siswa skala besar. Hasil uji coba lapangan kelompok besar diketahui hasil rata-rata sebesar 83,19% Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka modifikasi permainan cek-cekan ini telah memenuhi kriteria “baik”. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa produk model pembelajaran permainan cek-cekan telah memenuhi kriteria baik sehingga dapat digunakan sebagai pembelajaran siswa kelas V SDN Lodaya 02 Kecamatan Randudongkal Pemalang. Saran peneliti diantaranya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran sepak takraw, guru penjasorkes dapat menerapkan permainan cek-cekan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran. Pembelajaran penjasorkes untuk anak usia SD sebaiknya dibuat suatu model atau sebuah modifikasi permainan yang menarik, variatif, tidak membahayakan serta tidak menjadikan siswa menjadi jenuh dan bosan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Sepak Sila, Permainan Cek-Cekan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:14
Last Modified: 07 May 2014 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item