MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN KEPRAMUKAAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 11 SEMARANG


Duwi Trisnaningrum, 1301406523 (2013) MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN KEPRAMUKAAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-4 SMA NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301406523.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 11 Semarang yang menunjukkan bahwa terdapat siswa kelas X-4 yang mempunyai minat rendah dalam mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolah. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok diharapkan bisa meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan kepramukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat siswa dalam mengikuti kegiatan kepramukaan pada siswa sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah sepuluh siswa kelas X4 di SMA Negeri 11 Semarang yang mempunyai minat dalam mengikuti kegiatan kepramukaan termasuk dalam kriteria tinggi, sedang, rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif persentase. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, (1) 10 responden yang menjadi sampel memiliki persentase rata-rata minat mengikuti kegiatan kepramukaan 58.00% (kategori sedang) sebelum diberikan layanana bimbingan kelompok . (2) Setelah diberi layanan bimbingan kelompok secara umum responden memiliki rata-rata post test sebesar 76.20% (kategori tinggi). (3) Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui bahwa Zhitung = 2.803 > Ztabel = 1.96. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat mengikuti kegiatan kepramukaan pada siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya minat siswa mengikuti kegiatan kepramukaan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) Guru pembimbing disekolah dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dalam berupaya untuk meningkatkan minat mengikuti kegiatan kepramukaan pada siswa. (2) Sebaiknya siswa senantiasa menjaga minat mengikuti kegiatan kepramukaan yang diadakan di sekolah yang telah diperoleh dari layanan Bimbingan Kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat mengikuti kegiatan kepramukaan, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:14
Last Modified: 07 May 2014 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19296

Actions (login required)

View Item View Item