MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN LODUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS GERAK LOMPAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD N 1 KRANGEAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Bayu Wiji Atmoko, 6101408079 (2012) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN LODUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS GERAK LOMPAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD N 1 KRANGEAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN LODUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS GERAK LOMPAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD N 1 KRANGEAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN LODUS UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS GERAK LOMPAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD N 1 KRANGEAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Lompat tinggi merupakan salah satu alternatif pembelajaran atletik di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model pengembangan permainan lodus dalam penjasorkes siswa SD N 1 Krangean Kabupaten Purbalingga dapat meningkatkan aktifitas gerak lompat dalam pembelajaran penjasorkes?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran permainan lodus dalam pembelajaran penjasorkes di SD N 1 Krangean Kabupaten Purbalingga untuk meningkatkan aktifitas gerak lompat. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, uji coba skala besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 81,33% dengan kriteria baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba skala kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba skala kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 70% dengan kategori cukup baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba skala besar diperoleh jawaban dengan persentase 89,33% dengan kategori baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain lodus. Selain itu, setelah melakukan permainan lodus denyut nadi siswa meningkat lebih dari 70% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan lodus efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model permainan lodus ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lompat Tinggi, Model Permainan Lodus, Pengembangan.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 08 May 2014 00:14
Last Modified: 08 May 2014 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19295

Actions (login required)

View Item View Item