PENGEMBANGAN PERMAINAN “TOFU BASKET BALL” DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUGUREJO 01 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012


Sunar Bagus Subroto, 6101408078 (2013) PENGEMBANGAN PERMAINAN “TOFU BASKET BALL” DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUGUREJO 01 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN “TOFU BASKET BALL” DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUGUREJO 01 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN “TOFU BASKET BALL” DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TUGUREJO 01 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya menciptakan model pembelajaran baru yang lebih efektif. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana memodifikasi permainan bolabasket agar menjadi permainan yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar dalam meningkatkan pembelajaran Penjasorkes? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan bolabasket yang dimodifikasi yang sesuai dengan karakteristik siswa SD N Tugurejo 01 Kota Semarang dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan dapat meningkatkan intensitas fisik kebugaran jasmani Tahun 2012/2013. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog dan Gall dengan urutan sebagai berikut (1) Analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) Pembuatan produk awal, mengembangkan produk uji coba kelompok kecil yang berupa pengembangan permainan bolabasket tofu basketball dalam pembelajaran penjasorkes, (3) Uji coba kelompok kecil (12 siswa) dengan menggunakan kuesioner, serta Evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, termasuk konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil, Revisi ini digunakan sebagai perbaikan terhadap prodak uji coba kelompok kecil yang dibuat oleh peneliti, (5) Uji coba lapangan (34 siswa), (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) Hasil akhir model pengembangan pembelajaran bolabasket melalui pendekatan permainan bolabasket tofu basketball untuk siswa kelas V SD Negeri Tugurejo 01 Kecamatan Tugu Kota Semarang yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu dari ahli Penjas diperoleh hasil 77,3% dengan kriteria baik, dari ahli pembelajaran I 82,67% dan II diperoleh hasil 84% dengan kriteria baik. Uji coba kelompok skala kecil 75% dengan kriteria baik, dan uji coba lapangan 88% dengan kriteria baik. Dari hasil yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa model “tofu basketball” ini dapat digunakan bagi siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tugurejo 01 Kecamatan Tugu Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjasorkes Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model “tofu basketball” ini pada siswa dalam pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, tofu basketball, pembelajaran
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:36
Last Modified: 07 May 2014 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item