PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG


LINAWATI ZULFA INDRA LAILA, 1201409032 (2013) PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD SIWI KENCANA KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan program PAUD Holistik Integratif, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif, (3) Mendeskripsikan evaluasi program PAUD Holistik Integratif, dan (4) Mendeskripsikan kelemahan dan kelebihan PAUD Holistik Integratif bagi orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 5 orang, yang terdiri dari 1 orang pengelola, 1 orang tutor dan 3 orang warga belajar. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik triangulasi. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan program PAUD Holistik Integratif yang terdiri dari unsur pengelolaan; tujuan yaitu menambah pengetahuan orang tua, mengisi waktu luang, memberdayakan orang tua dan meningkatkan potensi orang tua dengan cara pemberian materi oleh sumber belajar; sasaran belajar yaitu orang tua (ibu); bahan ajar; metode belajar; alat bantu/media belajar; metode evaluasi; tempat dan waktu; instruktur/sumber belajar; rencana kegiatan dan jadwal kegiatan; dan anggaran dana. (2) pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif yang terdiri dari unsur kegiatan program, sumber belajar, materi, metode, waktu, media, dan sumber dana. (3) evaluasi program PAUD Holistik Integratif. (4) kelebihan dan kelemahan program PAUD Holistik Integratif bagi orang tua. Di sarankan demi kelancaran pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif penyelenggara dalam hal ini hendaknya lebih mengupayakan jalinan kemitraan dengan instansi maupun organisasi yang dapat membantu penyelenggaraan program PAUD Holistik Integratif, sehingga warga belajar dapat meningkatkan pengetahuan dari narasumber pihak luar. Selain itu diharapkan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran secara optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. Diharapkan para tutor dapat menjadi inovator dan dapat berinovasi dengan kebutuhan warga belajar. Serta lebih mengarahkan hasil belajar agar dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan Program; PAUD Holistik Integratif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:36
Last Modified: 07 May 2014 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item