MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN “BINTANG BERPINDAH DAN BOLA LINGKAR” DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS VII SMP N 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS


Muhammad Lutfi, 6101408074 (2013) MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN “BINTANG BERPINDAH DAN BOLA LINGKAR” DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS VII SMP N 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN “BINTANG BERPINDAH DAN BOLA LINGKAR” DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS VII SMP N 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN “BINTANG BERPINDAH DAN BOLA LINGKAR” DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS VII SMP N 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya menciptakan model pembelajaran baru yang lebih efektif. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran melalui bermain “bintang berpindah dan bola lingkar” dalam penjasorkes bagi siswa kelas VII SMP N 1 Kembaran? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran bermain “bintang berpindah dan bola lingkar” dalam penjasorkes bagi siswa kelas VII SMP N 1 Kembaran. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan bintang berpindah dan bola lingkar), (3) uji validasi ahli (4) revisi produk pertama, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi model permainan bintang berpindah dan bola lingkar yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan uji lapangan (32 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data dari skala kecil dengan presentase jawaban 54,17% (sangat baik), 29,17% (baik), 16,66% (kurang baik). Dari hasil uji coba skala besar dengan presentase jawaban 66,67% (sangat baik) dan 33,33% (baik). Dengan jumlah siswa pada uji coba skala kecil 10 siswa, dan uji coba kelompok besar 32 siswa. Akan tetapi, ada yang perlu diperbaiki tentang peraturan dalam permainan. Kesimpulan dari model pembelajaran bermain “bintang berpindah dan bola lingkar” yaitu didapat rata-rata presentase jawaban saat uji coba kelompok kecil 90,83% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar 95% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian di atas, sehingga saran peneliti yaitu produk model pembelajaran bermain “bintang berpindah dan bola lingkar” ini dapat digunakan untuk pembelajaran penjasorkes di SMP N 1 Kembaran. Produk ini juga dapat digunakan di SMP lainnya, dengan syarat harus di sesuaikan dengan kondisi sekolah yang akan menggunakan produk ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pengembangan, bermain.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:36
Last Modified: 07 May 2014 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item