Kinerja Pendidik dalam Kegiatan Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lab School Universitas Negeri Semarang (UNNES


Sri Setya Esthianingsih, 1201409024 (2013) Kinerja Pendidik dalam Kegiatan Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lab School Universitas Negeri Semarang (UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kinerja Pendidik dalam Kegiatan Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lab School Universitas Negeri Semarang (UNNES]
Preview
PDF (Kinerja Pendidik dalam Kegiatan Pembelajaran Kelompok Bermain (KB) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lab School Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

memahami perkembangan anak. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana kinerja pendidik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran Kelompok Bermain di PAUD Lab School Unnes, Bagaimanakah faktor pendorong dan penghambat kinerja pendidik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran Kelompok Bermain di PAUD Lab School Unnes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja pendidik anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran Kelompok Bermain di PAUD Lab School Unnes, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kinerja pendidik anak usia dini dalam pembelajaran Kelompok Bermain di PAUD Lab School Unnes. Penelitian dilakukan di PAUD Lab School Unnes dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 orang.Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendidik PAUD harus mempunyai syarat-syarat yang harus dicapai yaitu memiliki kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, dan dalam perencanaan pembelajaran dirancang oleh timework yang sudah dibentuk. Kurikulum yang digunakan adalah model BCCT. Pelaksanaan pembelajaran ada enam sentra yaitu sentra balok, persiapan, kinestetik, alam, iman dan taqwa, dan seni. Evaluasi pembelajaran dilakukan pendidik dengan melalui pengamatan dan observasi. Berdasarkan data penelitian disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang pendidik diperlukan kompetensi-kompetensi untuk memenuhi persyaratan yang ada. Disarankan agar pada saat proses belajar mengajar di kelas tindakan terhadap orang tua peserta didik lebih ditegaskan lagi agar dalam proses belajar mengajar tidak terjadi hambatan. Dalam evaluasi yang melibatkan orang tua melalui laporan berisi narasi atau hasil laporan agar dipertahankan dan ditingkatkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pendidik, Pembelajaran PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:39
Last Modified: 07 May 2014 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19285

Actions (login required)

View Item View Item