MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN WOODBALL BERPASANGAN DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BRUMBUNG KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN 2012


Arif Noviawan Pahlevi, 6101408058 (2013) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN WOODBALL BERPASANGAN DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BRUMBUNG KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN WOODBALL BERPASANGAN DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BRUMBUNG KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN 2012]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN WOODBALL BERPASANGAN DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BRUMBUNG KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN 2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bagaimana model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan woodball berpasangan yang disesuaikan dengan karakterstik siswa kelas V dan disesuaikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui olahraga woodball bagi siswa kelas V SD Negeri Brumbung Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model olahraga woodball modifikasi), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir model pembelajaran melalui olahraga woodball bagi siswa SD Negeri 1 Brumbung. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa), dan uji skala besar (24 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli, yaitu ahli Penjas 87% , ahli Pembelajaran 92%, uji coba kelompok kecil 81% , dan uji coba kelompok besar 83% . Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan woodball berpasangan ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Brumbung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran olahraga woodball baik, dan dapat disarankan bagi guru penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan Permainan Woodball Berpasangan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:39
Last Modified: 07 May 2014 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19282

Actions (login required)

View Item View Item