PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (ANDRAGOGI) PADA PROGRAM LIFE SKILL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PATI


APRILIYANA MEGAWATI, 1201409023 (2013) PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (ANDRAGOGI) PADA PROGRAM LIFE SKILL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (ANDRAGOGI) PADA PROGRAM LIFE SKILL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (ANDRAGOGI) PADA PROGRAM LIFE SKILL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN PATI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan mendasar bahwa pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa pada program life skill di SKB Pati belum dapat dilaksanakan secara optimal. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan profil SKB Kabupaten Pati, khususnya program life skill dalam membelajarkan masyarakat; (2) Mendeskripsikan pemahaman instruktur mengenai prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa; (3) Mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa pada program life skill di SKB Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi,dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari pengelola 7 orang, instruktur 3 orang dan warga belajar life skill komputer 3 orang di SKB Kabupaten Pati. Analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) profil SKB Pati merupakan UPT Disdik Kabupaten Pati, dalam membelajarkan masyarakat membuka 4 jenis program yaitu program PAUD, program kesetaraan, program kursus dan pelatihan serta program dikmas. (2) Pemahaman instruktur dalam tentang prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa di SKB Kabupaten Pati masih parsial dan praktis. (3) Penerapan prinsipprinsip pembelajaran orang dewasa pada program life skill di SKB Kabupaten Pati pada umumnya dapat dilaksanakan dengan cukup baik. Simpulan dari penelitian ini: (1) Profil penyelenggaraan SKB Pati dalam membelajarkan masyarakat dengan menetapkan visi, misi, jenis dan dasar programnya ternyata disesuaikan dengan minat, respon, tuntutan masyarakat sekitar; (2) Pemahaman instruktur tentang prinsip-prinsip masih parsial dan praktis; (3) penerapan prinsip-prinsip pembelajaran pada program life skill yang menonjol terutama pada penetapan materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan. Diajukan rekomendasi: (1) pengembangan kelembagaan SKB Pati hendaknya mengacu standar minimal manajemen SKB. (2) Upaya untuk meningkatkan pemahaman instruktur terhadap prinsip-prinsip andragogi dapat dilakukan melalui orientasi, mengikuti berbagai bentuk pelatihan khusus seperti pelatihan komputer dan pelibatan unsur perguruan tinggi khususnya jurusan PLS. (3) Upaya untuk meningkatkan agar hasil belajar warga belajar tercapai secara optimal dapat dilakukan melalui upaya motivasi dan stimulasi belajar bagi warga belajar, proses pembelajaran lebih berorientasi pada praktik kerja dan sistem evaluasi tidak hanya berorientasi pada hasil namun juga pada proses dan dampak belajarnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Pembelajaran, Orang Dewasa, Program Life Skill
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:39
Last Modified: 07 May 2014 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19281

Actions (login required)

View Item View Item