PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI NET HIDUP BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 TAHUNAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012

Aris Windarko, 6101408056 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI NET HIDUP BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 TAHUNAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI NET HIDUP BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 TAHUNAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2012)
Download (4Mb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ranah pengembangan model pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk modifikasi permainan bola voli yang sesuai dengan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Tahunan Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli net hidup dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa bentuk kegiatan permainan bola voli), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi pembelajaran permainan “bola voli net hidup”. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba skala kecil (12 siswa), dan uji skala besar (31 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli Penjas 82,5 % (baik), ahli Pembelajaran 85 % (baik), uji coba kelompok kecil 89 % (baik), dan uji coba kelompok besar 96 % (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli net hidup ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Tahunan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa permainan bola voli net hidup efektif, sehingga dapat diterapkan sebagai model pembelajaran dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes Sekolah Dasar Negeri 01 Tahunan dapat menggunakan produk model permainan bola voli net hidup dalam proses pembelajaran penjasorkes

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Permainan, bola voli net hidup
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:39
    Last Modified: 07 May 2014 13:39

    Actions (login required)

    View Item