PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIII D SMP NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Roro Fattahu Sarah, 3101409039 (2013) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIII D SMP NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIII D SMP NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIII D SMP NEGERI 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keaktifan belajar siswa merupakan kegiatan siswa dimana siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Aktivitas siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Semarang dalam kegiatan pembelajaran belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penyebabnya adalah pada proses pembelajaran guru lebih menguasai kelas dan hanya sedikit siswa yang diberikan kesempatan untuk mengembangkan argumennya. Akibatnya siswa tidak mengetahui materi cenderung diam dan tidak bertanya. Selain itu, kurang lebih 25 siswa kurang konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah dan memiliki sifat lupa, sehingga perlu adanya peninjauan ulang terhadap materi yang dijelaskan guru. Salah satunya adalah penerapan strategi pembelajaran aktif index card match. Strategi pembelajaran aktif index card match adalah salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas dan kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match (ICM) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2012/2013? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII D SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian difokuskan pada keaktifan belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan melalui dua bentuk yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan siswa, kinerja guru, dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa terbukti dengan sebelum diadakan penelitian, pada pra siklus diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 43,7%. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 70%. Pada siklus II ini rata-rata keaktifan siswa dengan persentase mencapai indikator pencapaian yakni ≥ 75% yaitu mencapai 88,57%. Simpulan dari hasil penelitian adalah strategi pembelajaran aktif index card match mampu meningkatkan keaktifan siswa dan kinerja guru dalam suatu proses pembelajaran. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Saran untuk guru sejarah, dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif index card match sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta menjadikan pembelajaran sejarah yang menarik dan menyenangkan. Saran bagi siswa, agar lebih aktif dan berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat setelah mengetahui dan memahami strategi pembelajaran aktif index card match dan lebih konsentrasi serta fokus pada waktu proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 12:06
Last Modified: 20 Nov 2013 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item