PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN 2012/2013


Edwin Mirza Chaerulsyah , 3101409027 (2013) PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian, permasalahan permasalahan yang akan dikaji adalah (1)Bagaimana guru mata pelajaran sejarah melakukan pembinaan nilai-nilai keteladanan pahlawan nasional dalam pembelajaran sejarah guna meningkatkan semangat kebangsaan siswa-siswi SMA Negeri 4 Kota Tegal,(2)Bagaimana pembelajaran sejarah pada pokok bahasan pergerakan nasional dan proklamasi kemerdekaan RI serta perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI di Kelas X, XI dan XII SMA Negeri 4 Kota Tegal,(3)Bagaimana persepsi siswa-siswi SMA Negeri 4 Kota Tegal tentang keteladanan pahlawan nasional dalam pembelajaran sejarah Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di SMA 4 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada guru sejarah, dan beberapa siswa SMA 4 Kota Tegal. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-lagkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi.Temuan penelitian yaitu : Pertama Guru melaksanakan pembinaan keteladanan melalui penerapan kedisiplinan di sekolah, dengan menanamkan motivasi dan nilai-nilai keteladanan para pahlawan tujuanya agar siswa mencontoh sikap keteladanan para pahlawan nasional dan diharapkan dapat meningkatkan semangat kebangsaan Kedua Saat pembelajaran berlangsung guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dimana siswa lebih banyak diajak dialog dengan guru mengenai materi yang diajarkan. Ketiga Persepsi siswa tentang keteladanan pahlawan nasional untuk meningkatkan semangat kebangsaan melalui pembelajaran sejarah bersifat positif. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan sebagai berikut : hendaknya guru memiliki kreatifitas dalam mengajar, hindari penggunaan metode secara monoton yang akan berakibat siswa menjadi bosan, Dalam penyampaian materi khususnya materi yang bertemakan kepahlawanan hendaknya guru harus bisa mengenalkan berbagai contoh keteladanan pahlawan kepada siswa baik secara langsung maupun dengan diintegrasikan dengan metode-metode pengajaran yang diterapkan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Keteladanan, Pahlawan Nasional, Semangat Kebangsaan, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 11:49
Last Modified: 20 Nov 2013 11:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item View Item