PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Albertus Setyo Adi, 3101409025 (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 2 Purbalingga menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, dimana kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran Quantum Teaching dan metode Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Purbalingga, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre test-Post test Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 82,91 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 72,68. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh harga thitung(5,084) > ttabel(2,035), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi sederhana diperoleh nilai rhitung= 0,843, dengan = 5 % dan N = 34, diperoleh nilai rtabel = 0,36, karena rxy > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,843 antara pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya r2 = 0,8432 = 0,712. Hal ini berarti 71,2% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Mind Mapping, sedangkan sisanya 28,8% ditentukan oleh faktor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 91,18% ≥ 85 %, sedangakan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 70,59% < 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Mind Mapping telah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengaruh, hasil belajar, quantum teaching, mind mapping
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 20 Nov 2013 06:42
    Last Modified: 20 Nov 2013 06:42

    Actions (login required)

    View Item