PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH LOKAL DAERAH SEKITAR KOTA TEGAL TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA SMA NEGERI SE-KOTA TEGAL
Bayu Novandri, 3101409024 (2013) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH LOKAL DAERAH SEKITAR KOTA TEGAL TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA SMA NEGERI SE-KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH LOKAL DAERAH SEKITAR KOTA TEGAL TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA SMA NEGERI SE-KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pemanfaatan sumber sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri se-Kota Tegal?, (2) Bagaimanakah kesadaran sejarah siswa SMA Negeri se-Kota Tegal?, (3) Apakah ada pengaruh pemanfaatan sumber sejarah lokal terhadap kesadaran sejarah siswa SMA Negeri se-Kota Tegal?. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri se-Kota Tegal, berjumlah 3838 siswa dari lima SMA Negeri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel di lapangan. Peneliti mengambil sampel sebesar 20 siswa dari masing-masing SMA Negeri. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: pemanfaatan sumber sejarah lokal dan kesadaran sejarah siswa SMA Negeri se-Kota Tegal. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner (angket) tentang pemanfaatan sumber sejarah lokal dan pengaruh pemanfaatan sumber sejarah lokal terhadap kesadaran sejarah siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan sumber sejarah lokal di SMA Negeri se-Kota Tegal termasuk dalam kriteria cukup baik, dengan diperoleh total skor 5716, apabila di persentasekan maka nilainya 67,24%. Kesadaran sejarah siswa di SMA Negeri se-Kota Tegal termasuk dalam kriteria baik, dengan diperoleh total skor 9606, apabila di persentasekan maka nilainya 83,53%. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan yaitu Ŷ = 79,277 + 0,251X. Koefisien regresi variabel X sebesar 0,251, artinya setiap peningkatan pemanfaatan sumber sejarah lokal sebesar 1 satuan, maka meningkatkan kesadaran sejarah siswa sebesar 0,251. Sedangkan besarnya pengaruh pemanfaatan sumber sejarah lokal terhadap kesadaran sejarah siswa yakni sebesar 25,1%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan sumber sejarah lokal daerah sekitar Kota Tegal terhadap kesadaran sejarah siswa SMA Negeri se-Kota Tegal. Saran yang disampaikan ini adalah untuk menjaga dan melestarikan keberadaan peninggalan sejarah terutama yang ada di sekitar daerahnya masing-masing maka pembelajaran sejarah yang bersifat lokal dapat dijadikan model pembelajaran di sekolah-sekolah. Selain itu, dengan memanfaatkan keberadaan peninggalan sejarah tersebut dapat meningkatkan minat terhadap pelajaran sejarah serta dapat menumbuhkan kesadaran sejarah siswa agar bisa lebih bijaksana dalam menanggapi masa lampau sehingga dapat menata masa depan secara lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan, sumber sejarah lokal, kesadaran sejarah siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2013 11:32 |
Last Modified: | 20 Nov 2013 11:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19276 |
Actions (login required)
View Item |