SERTIFIKASI DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2013


Rois Susilowati , 3101409008 (2013) SERTIFIKASI DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SERTIFIKASI DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (SERTIFIKASI DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2013) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penting dalam dunia pendidikan. Banyak program dari pemerintah yang pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru. Salah satunya adalah dengan pemberian tunjangan sertifikasi kepada guru, termasuk guru sejarah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sertifikasi dan kinerja guru sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Semarang tahun 2013? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMA Negeri Kota Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis model interaktif. Sertifikasi guru sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Semarang tahun 2013 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kinerja guru sejarah. Hal ini dapat dilihat sebagai berikut, Pertama, Guru sejarah di SMA Negeri Kota Semarang semakin terrmotivasi untuk menyusun RPP yang mencakup semua indikator yakni, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi, pemilihan sumber belajar/media Skenario/kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil. Kedua, Sertifikasi guru yang memberikan tunjangan sebesar satu kali gaji pokok berpengaruh terhadap proses pelaksanaan pembelajaran sejarah di dalam kelas. Guru memperhatikan indikator pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas yang meliputi kegiatan prapembelajaran, penguasaan materi pelajaran, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara ketertiban siswa, penilaian proses dan hasil belajar dan kegiatan penutup. Selama proses pembelajaran di dalam kelas, sebagian besar guru sejarah di SMA Negeri kota Semarang menunjukkan kriteria baik. Walapun masih ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan dan dibenahi oleh guru selama proses pembelajaran. Ketiga, keberadaan sertifikasi berpengaruh terhadap evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri Kota Semarang. Pelaksanaan evaluasi yang meliputi kesesuaian teknik penilaian, kejelasan prosedur penilaian dan kelengkapan instrumen. Secara keseluruhan guru-guru sejarah bersertifikasi di SMA Negeri Kota Semarang telah melaksanakan evaluasi dengan baik meskipun masih ada komponen-komponen yang harus diperbaiki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi, kinerja, guru Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 11:24
Last Modified: 20 Nov 2013 11:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item View Item