DAYA KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR SEJARAH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA KELAS XII IPS SMA SE-KECAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2012/2013


Mukhlis Filiyang Putra , 3101409006 (2013) DAYA KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR SEJARAH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA KELAS XII IPS SMA SE-KECAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DAYA KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR SEJARAH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA KELAS XII IPS SMA SE-KECAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (DAYA KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR SEJARAH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA KELAS XII IPS SMA SE-KECAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Guru adalah tokoh sentral dalam pembelajaran di sekolah, kedudukan guru dalam kegiatan mengajar sangat membutuhkan pengembangan kreatifitas. Kreativitas guru dalam mengajar akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membantu siswa untuk lebih mudah menyerap pelajaran dengan baik. Kreativitas dalam pembelajaran dapat memotivasi siswa dalam belajar dan berdampak pada prestasi belajarnya di kelas. permasalahan dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengajar sejarah di SMA Se-Kecamatan Jepara?(2) Bagaimana motivasi siswa dalam belajar sejarah di SMA Se-Kecamatan Jepara?(3) Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa SMA Se-Kecamatan Jepara? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMA Se- Kecamatan Jepara. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah SMA Kecamatan Jepara dan Siswa SMA Kecamatan Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) observasi, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumenter. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap guru sejarah di SMA se- Kecamatan Jepara memiliki kreativitas yang beragam dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. Guru sejarah di SMA memiliki kreativitas yang cukup dalam proses pembelajaran, hal itu didukung dengan hasil penelitian di lapangan dimana guru dalam proses pembelajaran telah menggunakan beragam metode dan media. Siswa lebih tertarik dengan cara mengajar guru yang menggunakan metode dan media yang bervariasi dibandingkan dengan guru yang minim menggunakan metode dan media dalam pembelajaran. Kreativitas yang dilakukan oleh guru dalam mengajar di kelas memiliki peran besar dalam prestasi belajar siswa di kelas. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Seyogyanya guru sejarah dalam mengajar di kelas menggunakan berbagai macam metode dan media yang inovatif dan variatif dalam proses pembelajaran, 2) Hendaknya guru sejarah di SMA se-Kecamatan Jepara memberikan motivasi kepada siswa terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembelajaran, 3) Kreativitas dalam mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, untuk itu hendaknya guru sejarah di SMA se-Kecamatan Jepara memperhatikan kreativitas dengan lebih serius.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru dalam mengajar, motivasi dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 10:45
Last Modified: 20 Nov 2013 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19274

Actions (login required)

View Item View Item