PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SULANG TENTANG KETOKOHAN RADEN AJENG KARTINI SEBAGAI TOKOH NASIONAL DAN PELOPOR GERAKAN EMANSIPASI DI INDONESIA


Joko Siswanto, 3101409003 (2013) PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SULANG TENTANG KETOKOHAN RADEN AJENG KARTINI SEBAGAI TOKOH NASIONAL DAN PELOPOR GERAKAN EMANSIPASI DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SULANG TENTANG KETOKOHAN RADEN AJENG KARTINI SEBAGAI TOKOH NASIONAL DAN PELOPOR GERAKAN EMANSIPASI DI INDONESIA]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SULANG TENTANG KETOKOHAN RADEN AJENG KARTINI SEBAGAI TOKOH NASIONAL DAN PELOPOR GERAKAN EMANSIPASI DI INDONESIA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, generasi muda Indonesia telah mengalami kemunduran dalam hal nasionalisme. Pendidikan sejarah mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk sikap nasionalisme siswa. Salah satunya adalah dengan mengajarkan tentang sejarah kepahlawanan tokoh nasional yakni, Raden Ajeng Kartini. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sulang kelas XI IPS dalam materi yang membahas tokoh Raden Ajeng Kartini dalam kaitannya dengan nasionalisme; (2) Bagaimanakah persepsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sulang Tahun Ajaran 2012/2013 tentang ketokohan Raden Ajeng Kartini sebagai pelopor gerakan emansipasi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sulang pada kelas XI IPS dalam materi yang membahas tokoh Raden Ajeng Kartini dalam membentuk sikap nasionalisme. (2) Untuk mengetahui persepsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sulang Tahun Ajaran 2012/2013 tentang ketokohan Raden Ajeng Kartini sebagai pelopor gerakan emansipasi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan metode peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif atau interactive analysis models dengan komponen reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan saling berinteraksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sulang pada materi yang membahas tokoh Raden Ajeng Kartini, guru cenderung menggunakan model pembelajaran lama yaitu diskusi dan tanya jawab. Persepsi siswa tentang ketokohan Raden Ajeng Kartini sebagai pelopor gerakan emasipasi di Indonesia bersifat positif, karena siswa dapat memahami peranan Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan wanita pertama yang memiliki kepedulian dalam memperjuangkan kebebasan kaum wanita terutama dalam bidang pendidikan. Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas baik dalam penggunaan model maupun media pembelajaran. Guru harus menunjukkan ketegasannya dihadapan siswa sehingga siswa yang kurang aktif lebih menghargai keberadaan guru dan jangan biasakan memberikan reward kepada siswa pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pembelajaran sejarah, nasionalisme, emansipasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 10:37
Last Modified: 20 Nov 2013 10:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item