PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013


Darmawan Pujito, 3101408085 (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bantarkawung menunjukan bahwa sebagian besar siswa tidak berminat pada pelajaran sejarah. Beberapa faktor penyebab kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah adalah sejarah merupakan pelajaran yang hanya menghafal dan proses pembelajarannya pun hanya berceramah. Pada penelitian ini digunakan suatu pembelajaran baru yaitu metode pemberian tugas yang diharapkan menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran sejarah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan metode pemberian tugas dalam pengajaran sejarah bagi siswa kelas X SMA N 1 Bantarkawung ?, (2) bagaimana minat belajar sejarah siswa kelas X SMA N 1 Bantarkawung ?, dan (3) adakah pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap minat belajar sejarah SMA N 1 Bantarkawung?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 137 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dan diperoleh kelas X C sebagai kelas experimen (metode pemberian tugas) dan X D sebagai kelas kontrol (metode ceramah bervariasi). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesoner) dan dokumen. Rancangan experimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Test dan Post Test Control Group Design. Dengan variabel bebasnya adalah metode pemberian tugas dan variabel terikatnya yaitu minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sederhana sebagai berikut: Y = 70,776+0,402X dan uji hipotesis diperoleh Fhitung =15,467 dengan sig = 0.000 < 5%, jadi Ho ditolak, dan pengaruhnya sebesar 31,8% diperoleh dari uji determinasi. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) penggunaan metode pemberian tugas dalam pengajaran sejarah bagi siswa kelas X SMA N 1 Bantarkawung sudah termasuk pada kriteria yang baik mencapai persentasi 69,3%, (2) minat belajar sejarah siswa kelas X SMA N 1 Bantarkawung termasuk dalam kriteria baik mencapai persentasi 76%, dan (3) terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap minat belajar sejarah SMA N 1 Bantarkawung sebesar 34% dan sisanya 66% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran penelitian ini adalah: (1) sebaiknya guru agar dapat memaksimalkan pemanfaatan metode pemberian tugas demi menunjang keberhasilan pembelajaran sejarah terutama pada indikator media yang digunakan, (2) sebaiknya pihak guru agar lebih meningkatkan minat para siswa dalam pembelajaran sejarah agar tercapai hasil yang maksimal, dan (3) untuk peneliti selanjutnya yang berminat dan akan mengembangkan penelitian seperti disarankan dapat mengambil penelitian selain metode pemberian tugas seperti metode atau model-model pembelajaran yang terbaru. Selain dapat menarik perhatian dan minat siswa juga dapat memberitahukan bahwa ternyata metode-metode atau model-model pembelajaran yang lain lebih menarik dan lebih bervariasi yang mereka belum tahu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pemberian Tugas, Minat Belajar, Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 10:32
Last Modified: 20 Nov 2013 10:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19272

Actions (login required)

View Item View Item