PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEN DIDIKAN JASMANI DI SMALB MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012


Ade Rustanto, 6101408043 (2013) PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEN DIDIKAN JASMANI DI SMALB MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEN DIDIKAN JASMANI DI SMALB MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012 ]
Preview
PDF (PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEN DIDIKAN JASMANI DI SMALB MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012 )
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani adaptif di SM A LB Manunggal Slawi Kabupaten Tegal . T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehat an yang dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Luar Biasa Manunggal Slawi Kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif dengan lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah SMALB Manunggal Slawi. Data penelitian dihim pun langsung melalui: (1) pengamatan atau observasi, (2) wawancara, dan (3) pengumpulan dokumen di SMALB Manunggal Slawi . Bentuk analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: SMALB Manunggal Slawi m elayani jenis ketunaan yaitu tuna rungu wicara, tuna grahita. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang dilaksanakan oleh dua guru yang mengajar khusus mata pelajaran penjasorkes. Penyampaian materi dan pengelolaan kelas guru menyes uaikan berdasarkan ketunaan yang diderita siswanya. Sarana dan prasarana sudah lengkap dan memadahi namun penggunaannya belum dioptimalkan. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran penjasorkes adalah komunikasi antara guru dengan siswa karena g uru memiliki keterbatasan keterampilan untuk memahami dan menggunakan bahasa isyarat. Kesimpulannya adalah: (1) Kurangnya modifikasi model-model pembelajaran yang dilakukan dan belum dimaksimalkannya sarana dan prasarana pembelajaran yang sudah ada oleh guru penjasorkes, (2) Sitematika pembelajaran dilakukan oleh guru sesuai dengan perangkat pembelajaran dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Saran yang disampaikan adalah: (1) Bagi sekolah, ajukan permintaan kepada dinas terkait untuk membantu baik ma terial maupun tenaga pengajar guna peningkatan mutu kualitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan , (2) Bagi guru penjasorkes sebaiknya mengembangkan model - model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, membuat lebih banyak variasi materi untuk memperkaya pengetahuan gerak siswa dan mencegah siswa dari kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, (3) Bagi UNNES untuk mengadakan program studi atau jurusan yang meluluska n guru penjasorkes untuk sekolah luar biasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran , Anak Luar Biasa , Pendidikan Jasmani
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:46
Last Modified: 07 May 2014 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item