PENGARUH CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA


Ragil Damayani, 7101409038 (2013) PENGARUH CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENGARUH CARA BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observas di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas XI masil belum optimal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya adalah cara belajar dan fasilitas belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh cara belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga baik secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga yang berjumlah 106 siswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sample. Variabel yang diteliti yaitu cara belajar , fasilitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara cara belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Secara simultan maupun parsial yang dibuktikan dari hasil uji Simultan (F) yang diperoleh sebesar signifikasi 0,000 (kurang dari 0,05) dan secara parsial dibuktikan dengan uji t yang diperoleh signifikasinya kurang dari 0,05. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif antara cara belajar, fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 53,8 % sedangkan 46,2 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara cara belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar di sarankan siswa untuk membuat jadwal khusus belajar dan melaksanakan secara teratur guna meningkatkan hasil belajar ekonomi sedangkan bagi sekolah memberikan fasilitas untuk guru guna menunjang kreatifitas guru dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cara belajar, fasilitas belajar, dan hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:46
Last Modified: 07 May 2014 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item View Item