PENGARUH DISIPLIN, FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL (Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Semarang Program Keahlian Administrasi Perkantoran)

Ahmad Saeroji, 7101409002 (2013) PENGARUH DISIPLIN, FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL (Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Semarang Program Keahlian Administrasi Perkantoran). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH DISIPLIN, FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL (Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Semarang Program Keahlian Administrasi Perkantoran))
Download (1711Kb)

    Abstract

    SMK Negeri 2 Semarang merupakan satuan pendidikan yang mengajarkan berbagai macam keahlian baik teori maupun praktik, salah satunya adalah kompetensi menggunakan peralatan kantor terutama penggunaan mesin ketik manual. Berdasarkan observasi awal diperoleh bahwa kecepatan mengetik manual siswa kelas X SMK Negeri 2 Semarang masih banyak yang belum tuntas dalam penguasaan praktik kecepatan mengetik manual yaitu kelas XAP1 yang tuntas sebesar 39,29% yang belum tuntas sebesar 64,71%, XAP2 yang tuntas 60%, yang belum tuntas sebesar 40%, dan XAP3 yang tuntas sebesar42,86% dan yang belum tuntas sebesar 57,14%. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Disiplin merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, berdasarkan observasi awal diperoleh rata-rata disiplin siswa sebesar 86,67% yang memiliki kriteria sangat baik. Selain disiplin faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah fasilitas, berdasarkan observasi awal diperoleh data bahwa fasilitas yang dimiliki SMK Negeri 2 Semarang sudah cukup lengkap dan kondisinya baik. Selain disiplin dan fasilitas motivasi juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 82,86% yang memiliki kriteria baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi awal disiplin, fasilitas dan motivasi siswa sudah baik akan tetapi pencapaian kecepatan mengetik manual masih banyak yang belum tuntas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah disiplin, fasilitas dan motivasi belajar berpengaruh pada kecepatan mengetik manual siswa SMK Negeri 2 Semarang program keahlian Administrasi perkantoran. Hasil penelitian menunjukan secara parsial antara disiplin, fasilitas, dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan. Secara simultan antar disiplin, fasilitas, motivasi belajar terhadap kecepatan mengetik manual pada siswa SMK Negeri 2 Semarang program keahlian administrasi perkantoran sebesar 59,6%, sedangkan 40,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa masuk laboratorium mengetik lebih awal, siswa dendaknya memiliki buku pegangan sendiri selain yang disediakan oleh sekolah, siswa seharusnya berlatih sendiri di rumah selain berlatih di sekolah, dengan cara membuat skema letak huruf pada tuts mesin ketik. Untuk penelitian selanjutnya agar mengembangkan media atau model pembelajaran guna meningkatkan kecepatan mengetik manual dengan penelitian tindakan kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Disiplin, Fasilitas, Motivasi, Kecepatan Mengetik Manual
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:46
    Last Modified: 07 May 2014 13:46

    Actions (login required)

    View Item