PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI DALAM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SALATIGA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013


KHABIBAH YULI UTAMI, 7101409001 (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI DALAM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SALATIGA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI DALAM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SALATIGA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI DALAM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SALATIGA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pendidikan karakter dan sikap guru. Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa prestasi belajar produktif akuntansi siswa ada sebanyak 25% yang belum mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif pendidikan karakter dan sikap guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas terhadap prestasi belajar produktif akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 111 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling proportional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Secara deskriptif rata-rata pendidikan karakter berada dalam kategori cukup baik (77%%), dan sikap guru berada dalam kategori baik (89%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan sikap guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas secara simultan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar produktif akuntansi (42%). Pendidikan karakter berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar produktif akuntansi (26,2%). Sikap guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar produktif akuntansi (10,5%). Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan karakter dan sikap guru berpengaruh terhadap prestasi belajar produktif akuntansi kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Salatiga. Oleh karena itu, disarankan siswa hendaknya memperhatikan sikap-sikap yang dapat membentuk karakter yang lebih baik saat proses belajar mengajar produktif akuntansi berlangsung; guru hendaknya memperhatikan hubungan dengan siswa saat proses belajar mengajar produktif akuntansi sedang berlangsung agar terwujud hubungan yang positif antara siswa dan guru; Sekolah hendaknya lebih memperhatikan penerapan pendidikan yang berkarakter dan sikap guru untuk peningkatan kualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Sikap Guru, dan Prestasi Belajar Produktif Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:46
Last Modified: 07 May 2014 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item