EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) POKOK BAHASAN TINDAKAN, MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP 5 KUDUS


Rio Nitalia Kusnia, 7101408326 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) POKOK BAHASAN TINDAKAN, MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP 5 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) POKOK BAHASAN TINDAKAN, MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP 5 KUDUS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) POKOK BAHASAN TINDAKAN, MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP 5 KUDUS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses yang menjadi kendala di SMP 5 Kudus adalah aktivitas siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa masih merasa takut dan malu untuk bertanya kalau tidak ada dorongan dari guru, guru masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMP 5 Kudus kelas VII F, diperoleh data bahwa kelas VII F memiliki kriteria ketuntasan belajar yang paling rendah sebesar 6%. Hal diatas menyebabkan perlu adanya penggunaan metode yang tepat dan bervariasi dalam proses belajar mengajar, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP 5 Kudus tahun ajaran 2012/2013. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74 dengan ketuntasan klasikal 50%, aktivitas siswa sebesar 66% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 67,5% atau kategori tinggi. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82 dengan ketuntasan klasikal 85%, aktivitas siswa 78% atau aktivitas siswa dalam kategori tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 87,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP 5 Kudus pada pokok bahasan tindakan, motif dan prinsip ekonomi melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah model pembelajaran TGT dapat dijadikan alternatif bagi guru, guru hendaknya memperhatikan semua siswa secara merata dan memotivasi siswa agar berperan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:46
Last Modified: 07 May 2014 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item