EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP 5 KUDUS


MOH NAJMUL HUDA, 7101408319 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP 5 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP 5 KUDUS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP 5 KUDUS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositiaon (CIRC) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pokok bahasan kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas siswa kelas VIII SMP 5 Kudus. Pembelajaran di SMP 5 Kudus masih menggunakan metode konvensional. Masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternatif solusi yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Kecuali Kelas VIII A SMP 5 Kudus Tahun ajaran 2011/2012. Dengan teknik Cluster Random Sampling terpilih 2 Sample yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran Konvensional. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi postest sebesar 96 dan nilai terendah postest sebesar 68 dengan nilai rata-rata 82,94. kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi postest sebesar 84 dan nilai terendah postes sebesar 56 dengan rata-rata sebesar 69,82. Hal ini menunjukkan kedua kelas mengalami peningkatan. Sig. (2-tailed) = 0,000 maka Ho ditolak karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari model pembelajaran yang konstruktif seperti model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:46
Last Modified: 07 May 2014 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item