MODEL PENGEMBANGANPERMAINAN SEPAK BOLA ”3 GAWANG 3 REGU ”DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CURUG 01 PANGKAH KABUPATEN TEGAL 2012


Akhmad Megar Indiarto, 6101407195 (2013) MODEL PENGEMBANGANPERMAINAN SEPAK BOLA ”3 GAWANG 3 REGU ”DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CURUG 01 PANGKAH KABUPATEN TEGAL 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGANPERMAINAN SEPAK BOLA ”3 GAWANG 3 REGU ”DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CURUG 01 PANGKAH KABUPATEN TEGAL 2012]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGANPERMAINAN SEPAK BOLA ”3 GAWANG 3 REGU ”DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CURUG 01 PANGKAH KABUPATEN TEGAL 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu materi penjasorkes yang harus diajarkan kepada siswa, modifikasi model pembelajaran sangat dibutuhkan. Model pembelajaran yang sebelumnya sudah ada dimodifikasi lagi yang disesuaikan dengan perkembangan jaman sehingga siswa dapat lebih aktif dalam bergerak dan lebih menyenangkan. Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan permainan sepakbola 3 gawang 3 regu dalam penjasorkes pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri curug 01 kecamatan Pangkah kabupaten Tegal 2012. Sehingga penilitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model pengembangan permainan sepakbola 3 gawang 3 regu dalam penjasorkes pada siswa kelas V sekolah dasar negeri curug 01 kecamatan Pangkah kabupaten Tegal 2012. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan berbasis penelitian (research-based development) dengan langkah-langkah: 1) Melakukan penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) Mengembangkan produk awal yang berupa peraturan permainan sepak bola 3 gawang 3 regu, 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran serta uji coba skala kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, 4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil. Revisi ini digukanan sebagai perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, 5) Uji skala besar, 6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji skala besar, dan 7) Hasil akhir model modifikasi permainan sepakbola 3 gawang 3 regu dalam penjasorkes pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Curug 01 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal 2012 yang dihasilkan melalui revisi uji skala besar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji coba diperoleh data dari evaluasi ahli penjas yaitu, ahli penjas 88,33% (baik), ahli pembelajaran I 81,66% (baik), ahli pembelajaran II 86,66% (baik), uji coba kelompok kecil 83,77% (baik), uji lapangan 85,80% (baik). Dari data yang ada maka disimpulkan bahwa model permainanan sepakbola melalui pengembangan permainan sepakbola 3 gawang 3 regu dapat digunakan pada siswa SD Negeri Curug 01 Pangkah Kabupaten Tegal. Simpulan hasil penelitian model pengembangan permainan sepakbola 3 gawang 3 regu dapat digunakan untuk anak SD. Saran yang dapat penulis ajukan, diharapkan guru Penjasorkes di SD dapat mengembangkan model permainan sepakbola 3 gawang 3 regu dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan permainan sepak bola 3 gawang 3 regu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:46
Last Modified: 07 May 2014 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item View Item