PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET DALAM PENJASORKES PADA SISWA SMP NEGERI 1 PATEAN KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011


Vembi Irwanto, 6101407189 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET DALAM PENJASORKES PADA SISWA SMP NEGERI 1 PATEAN KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET DALAM PENJASORKES PADA SISWA SMP NEGERI 1 PATEAN KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET DALAM PENJASORKES PADA SISWA SMP NEGERI 1 PATEAN KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permainan bola basket yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah menengah pertama dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan jasmani di SMP N 1 Patean? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran permainan bola basket yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah menengah pertama dalam meningkatkan efektifitas Pendidikan Jasmani di SMP N 1 Patean Kecamatan Patean Kabupaten Kendal tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yang dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran permainan bola basket ring bergerak), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuisoner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 14 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 146 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji lapangan, (7) hasil akhir model permainan bola basket ring bergerak yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian oleh siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli penjas 81,6%, evaluasi ahli pembelajaran 84%, persentase hasil uji coba kelompok kecil 84,52%, dan persentase uji lapangan 90,02%. Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran bola basket dapat digunakan untuk siswa SMP Negeri 1 Patean. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama untuk menggunakan produk model pembelajaran permainan bola basket melalui ring bergerak ini pada siswa pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, olah raga dan kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:48
Last Modified: 07 May 2014 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19254

Actions (login required)

View Item View Item