Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Karangmulyo Kacamatan Pegandon Kebupaten Kendal

Adi Dewi Sartika, 1401909112 (2012) Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Karangmulyo Kacamatan Pegandon Kebupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Interaksi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Karangmulyo Kacamatan Pegandon Kebupaten Kendal)
Download (2383Kb)

    Abstract

    Sesuai peraturan Mendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya interaksi siswa kelas V SDN 1Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan ketrampilan guru, interaksi pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas v di SDN 1 Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dan interaksi pembelajaran, serta meningkatkan prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kooperatif tipe jigsawdi SDN 1Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memberikan pengalaman belajar yang bervariasi dalam peningkatan interaksi pembelajaran, memberikan pengetahuan dalam berbagai strategi pembelajaran, serta meningkatkan mutu pendidikan nasional sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif dan komperatif sesuai standar nasional. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan interaksi pembelajaran dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw. persentase hasil belajar meningkat dari nilai 27% (prasiklus) menjadi 62,5% (siklus I) dan 83,3% (siklus II). Persentase interaksi pembelajaran meningkat dari 58% dengan kriteria cukup (siklus I) menjadi 83% dengan kriteria sangat baik (siklus II). Untuk persentase keterampilan guru meningkat dari 62% dengan kriteria cukup menjadi 84% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru dengan persentase 84% kriteria sangat baik, pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan interaksi pembelajaran kriteria sangat baik dengan persentase 83% dan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar dengan ketuntasan siswa 83,34%. Saran yang diberikan yaitu dari hasil tersebut yang telah terbukti sebaiknya guru dapat mengembangkan pada pembelajaran yang lain dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw sesuai dengan sintaks pendekatan tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: InteraksiPembelajaran IPS, PendekatanKooperatif, tipe Jigsaw
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:51
    Last Modified: 07 May 2014 13:51

    Actions (login required)

    View Item