Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Problem Posing Pada Siswa Kelas IV SDN Miroto 02 Semarang

Abdul Majid, 1401909075 (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Problem Posing Pada Siswa Kelas IV SDN Miroto 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Problem Posing Pada Siswa Kelas IV SDN Miroto 02 Semarang)
Download (3226Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Miroto 02 Semarang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran matematika, antara lain yaitu guru dominan dalam proses pembelajaran, guru memberikan informasi kepada siswa dengan metode ceramah sehingga siswa berperan sebagai pendengar dan penerima informasi. Penggunaan media belum dioperasionalkan secara optimal oleh guru dan siswa, siswa kurang memahami soal yang dibuat oleh guru. Rumusan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui JigsawBerbasis Proble Posing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV SDN Miroto 02 Semarang?. Tujuanumum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui Jigsaw Berbasis Problem Posing pada siswa kelas IV SDN Miroto 02 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan 30 siswa kelas IV SDN Miroto 02.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi keterampilan guru siklus I diperoleh skor 37 kategori baik menjadi 43 kategori sangat baik pada siklus II. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan pada keterampilan guru dari siklus I ke siklus II.Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I diperoleh rata-rata skor 18,6 kategori baik. Siklus II diperoleh rata-rata skor 20 kategori baik.Ketuntasan belajar klasikal siklus I menunjukkan 63%,siklus II menjadi 87%. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan pada ketuntasan klasikal belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan Jigsaw Berbasis Problem Posing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas IV.Disarankan guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, menyenangkan serta memberikan kesempatan siswa untuk beraktivitas lebih banyak salah satunya dengan menerapkan model Jigsaw berbasis Problem Posing sebagai salah satu model inovatif dalam mengajarkan materi dalam mata pelajaran matematika.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pembelajaran kooperatif, Pembelajaran Problem Posing
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:51
    Last Modified: 07 May 2014 13:51

    Actions (login required)

    View Item