PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013


Ika Nur Atmawati, 7101408307 (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat di lihat melalui pencapaian hasil belajar yang di capai oleh siswa. Hasil belajar yang di peroleh siswa di pengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa keadaan sekolah baik guru (pengajar) maupun keadaan infrastruktur sekolah dirasa mampu menunjang hasil belajar siswa namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa tidak sedikit hasil belajar mata pelajaran Akuntansi yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar, kesiapan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi baik secara parsial maupun secara simultan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar, kesiapan belajar serta lingkungan keluarga baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Teuku Umar Semarang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena semua responden diteliti semua. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa, motivasi belajar, kesiapan belajar dan lingkungan keluarga. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Persamaan regresi yang di peroleh dalam penelitian ini adalah Y=47,148+0,201X1+0,224X2+0,228X3. Pengujian hipotesis secara simultan menghasilkan Signifikasi 0,000, yang berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Besarnya pengaruh secara simultan (R2) 79,4%. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 12,30%, kesiapan terhadap hasil belajar sebesar 15,05% dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar sebesar 14.13%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar, kesiapan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 baik secara simultan maupun secara parsial. Saran bagi siswa hendaknya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif serta siswa hendaknya lebih mempersiapkan diri dalam menerima materi pembelajaran. Bagi guru dan sekolah hendaknya memberikan motivasi kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai agar siswa lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar dan Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:48
Last Modified: 07 May 2014 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item View Item