PENERAPAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KEARSIPAN KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YOS SUDARSO REMBANG


Dwi Arum Anggraeni, 7101408304 (2013) PENERAPAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KEARSIPAN KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YOS SUDARSO REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KEARSIPAN KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YOS SUDARSO REMBANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT KEARSIPAN KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YOS SUDARSO REMBANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian penting dari proses belajar mengajar, hasil belajar yang optimal diperoleh dari proses belajar yang baik. Salah satu komponen yang penting dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Pemanfaatan teknologi audiovisual berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif. Salah satu program yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran itu adalah macromedia flash. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media berbasis macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata diklat kearsipan kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Yos Sudarso Rembang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan kelas XII AP 2 sebagai subjek penelitian yang berjumlah 22 siswa. Responden akan diberikan pembelajaran menggunakan media berbasis macromedia flash. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, observasi dan angket. Teknik analisis datanya adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa saat menggunakan media berbasis macromedia flash lebih baik dari sebelum menggunakan media berbasis macromedia flash. Angket ketertarikan siswa terhadap pembelajaran kearsipan menunjukkan hasil persentase skor yaitu 91%. Rata-rata hasil belajar siswa pratindakan yaitu 68, pada siklus I meningkat menjadi 74 dan meningkat menjadi 82 pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media berbasis macromedia flash. Saran penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, strategi pengelolaan kelas perlu ditingkatkan dengan membangun kerjasama dengan siswa dalam pembelajaran dan pemberian motivasi belajar pada siswa, salah satunya dengan menerapkan media berbasis macromedia flash , (2) Bagi siswa, perlu adanya keaktifan siswa di dalam kelas, salah satunya yaitu mendapat poin bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru atau aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Berbasis Macromedia Flash, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:49
Last Modified: 07 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19241

Actions (login required)

View Item View Item