PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI INFLASI DI SMA NEGERI 1 CANDIROTO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Fariyah, 7101408279 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI INFLASI DI SMA NEGERI 1 CANDIROTO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI INFLASI DI SMA NEGERI 1 CANDIROTO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI INFLASI DI SMA NEGERI 1 CANDIROTO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ekonomi adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang merupakan pelajaran yang mempelajari tentang manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di kehidupan sehari-hari, yang menitik beratkan pada pemahaman analisis dan pengembangan. Salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di Sekolah Menegnga Atas (SMA) kelas X adalah mendiskripsikan inflasi dan indeks harga. Dalam kompetensi dasar ini diberikan materi pembelajaran inflasi. hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung diperoleh data bahwa pembelajaran Ekonomi dengan kompetensi dasar Inflasi dan Indeks Harga di kelas X-4 memiliki indikator keberhasilan yang rendah masalah dalam penelitian ini adalah sebanyak 44,55% siswa mengalami ketidaktuntasan dalam belajar atau dengan kata lain ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 55,45%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Inflasi pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Candiroto Temnggung tahun ajaran 2012/2013, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung tahun ajaran 2012/2013, prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi test, lembar kerja siswa (LKS) tiap akhir siklus dan lembar aktivitas untuk siswa dan guru. Hsil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 70,18. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 83,96 dengan ketuntas. Adapun aktivitas siswa terhadap pembelajaran siklus I sebesar 67,5% dan pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 15% menjadi 82,5%. Sedangkan kinerja guru pada siklus I mencapai 71,87% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,87%. Saran, guru diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi atau inovasi sesuai kompetensi yang akan diajarkan. Siswa hendaknya menerima pembagian anggota kelompok sehingga terjadi pemerataan anggoa kelompok, siswa dapat saling bertukar fikiran, serta menerima pendapat anggota kelompok lain. Siswa diharapkan selalu berperan aktif dalam pembelajaran. Bagi siswa yang kurang jelas dalam menerima penjelasan guru maka sebaiknya siswa lebih aktif bertanya pada guru maupun pada teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, Model pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI), Inflasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:51
Last Modified: 07 May 2014 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19240

Actions (login required)

View Item View Item