PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI MEDIA COLOURING TUTS PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF (PTK Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK 17 Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013)


Wahyu Sekarsari, 7101408278 (2013) PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI MEDIA COLOURING TUTS PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF (PTK Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK 17 Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI MEDIA COLOURING TUTS PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF (PTK Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK 17 Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013)]
Preview
PDF (PENINGKATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI MEDIA COLOURING TUTS PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF (PTK Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK 17 Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013))
Download (999kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan sekolah menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengekuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pembelajaran yang berinovasi. Seorang pendidik harus memiliki keberanian berinovasi dalam pembelajaran dan mengembangkan pembelajaran bermutu, pembelajaran yang monoton harus segera diubah dengan pembelajaran yang dinamis dan bermakna. Berdasarkan observasi awal di SMK 17 Parakan diperoleh data bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas guru masih rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK 17 Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus . Setiap siklus terdiri atas empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes evaluasi tiap siklus yang berupa lembar observasi untuk siswa dan tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media colouring tuts dapat dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan keaktifan guru dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa siklus I yang sebesar 43%, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 91%. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 35% dengan nilai rata-rata 69,6%. Sedangkan pada Siklus II mrngalami peningkatan yaitu persentase kreativitas siswa sebesar 80,1% dan ketuntasan klasikal pada siklus II adalah sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media colouring tuts dapat meningkatkan kreatifitas siswa, keaktifan siswa dan guru, sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk 17 Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah guru dapat memiliki variasi-variasi penggunaan media pembelajaran agar pembelajaran dapat menarik. Dan diharapkan adanya penelitian lanjutan guna mengeneralisasikan kesimpulan dari penelitian ini dan dapat menggunakan angket aktifitas guru yang diisi oleh peneliti bukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Colouring Tuts, Aplikasi Perangkat Lunak, Proses Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:49
Last Modified: 07 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19239

Actions (login required)

View Item View Item