PENGARUH METODE MENGAJAR CBSA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN STENOGRAFI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Hidayah Semarang)

Anna Setyawati, 7101408270 (2013) PENGARUH METODE MENGAJAR CBSA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN STENOGRAFI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Hidayah Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH METODE MENGAJAR CBSA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN STENOGRAFI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Hidayah Semarang))
Download (2246Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan guru mata pelajaran stenografi di SMK Hidayah Semarang diperoleh informasi bahwa siswa mempunyai minat belajar yang tinggi pada saat mengikuti pelajaran, metode mengajar guru yang baik, hal ini terlihat dari metode yang digunakan guru pada saat mengajar. Kenyataan di lapangan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM pada mata pelajaran stenografi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana metode mengajar, minat belajar, dan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode mengajar terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (4) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode mengajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Hidayah Semarang berjumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 33,231 + 0,222X1 + 0,279X2. Uji F yang diperoleh Fhitung = 31,596, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) metode mengajar (X1) diperoleh thitung = 2,690 dengan signifikansi 0,010 < 0,05, sehingga H1 diterima. Variabel minat belajar (X2) diperoleh thitung = 2,699 dengan signifikansi 0,009 < 0,05, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) metode mengajar dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 53,6%. Simpulan penelitian ini adalah: (1) metode mengajar termasuk kriteria baik, minat belajar termasuk kriteria tinggi dan hasil belajar termasuk kriteria rendah, (2) semakin baik metode mengajar guru maka hasil belajar siswa akan meningkat, (3) semakin tinggi minat belajar siswa maka hasil belajar siswa akan meningkat, dan (4) ada pengaruh secara simultan antara metode mengajar dan minat belajar terhadap hasil belajar. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kembali kreativitas dalam menggunakan metode mengajar, misalnya dengan menggunakan rekaman suara atau komik dengan dialog menggunakan huruf steno. Siswa meningkatkan kemampuan belajarnya agar mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, memperbanyak latihan soal dan tugas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar, Minat Belajar, Hasil Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:54
    Last Modified: 07 May 2014 13:54

    Actions (login required)

    View Item