FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PEKANTORAN DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Hanif Ardiansyah, 7101408269 (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PEKANTORAN DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PEKANTORAN DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PEKANTORAN DI SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan serangkaian perilaku seseorang yang menunjukan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan, tata tertib norma kehidupan yang berlaku karena didorong adanya kesadaran dari dalam dirinya untuk melaksanakan tujuan belajar yang diinginkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar tersebut dapat berasal dari dalam diri siswa (intrinsik) maupun dari luar siswa (ekstrinsik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran SMK NU 01 Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK NU 01 Kendal tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 90 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, jadi semua populasi dijadikan sebagai sampel yaitu 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Analisis ini untuk mereduksi data dari variabel yang banyak menjadi sedikit. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor baru yang mempengaruhi disiplin belajar siswa sebesar 66,81% sedangkan sisanya sebesar 33,19% dipengaruhi faktor lain yang tidak ditentukan dalam model ini. Kontribusi dari masing-masing faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa adalah sebagai berikut: (a) lingkungan sekolah memiliki kontribusi sebesar 22,73%, (b) pembelajaran memiliki kontribusi sebesar 13,51%, (c) komunikasi memiliki kontribusi sebesar 11,19%, (d) kondisi udara dan penglihatan memiliki kontribusi sebesar 10,07%, dan (e) motivasi dan pola makan memiliki kontribusi sebesar 9,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang mempunyai kontribusi terbesar terhadap disiplin belajar siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK NU 01 Kendal adalah lingkungan sekolah sebesar 33,19%, dan faktor dengan kontribusi terkecil adalah motivasi dan pola makan yaitu sebesar 9,31%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sekolah perlu menciptakan suasana yang nyaman, tenang, dan kondusif agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Perlunya keikutsertaan orangtua dalam aktivitas belajar anaknya, dengan memantau, memberi fasilitas belajar, mendukung, dan memotivasi anaknya dalam meningkatkan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:49
Last Modified: 07 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item