Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Dengan Media CD Interaktif Pada Kelas IV SDN Kalinyamat Wetan 2


Warid Ardiansyah, 1401910009 (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Dengan Media CD Interaktif Pada Kelas IV SDN Kalinyamat Wetan 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Dengan Media CD Interaktif Pada Kelas IV SDN Kalinyamat Wetan 2]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Dengan Media CD Interaktif Pada Kelas IV SDN Kalinyamat Wetan 2)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kalinyamat Wetan 2 masih cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil UTS Semester Gasal Tahun Pelajaran 2011/2012. Dari 23 siswa, ada 11 siswa yang belum tuntas belajar. Hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan siswa kurang dapat menyerap materi yang diajarkan. Siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran dan masih takut untuk bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas guru dan siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Agar tujuan penelitian ini tercapai, maka peneliti mencoba alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang ditawarkan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yang dipadukan dengan media CD interaktif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan disetiap akhir pertemuan kedua diadakan tes formatif. Jenis data yang diambil yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, aktivitas siswa sudah mencapai 68,33%. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa atau 62,50% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 9 siswa atau 37,50% dengan rata-rata hasil belajar mencapai 74,17. Pada siklus I ada beberapa hal yang belum mencapai indikator keberhasilan sehingga dilakukan siklus II. Hasil aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 86,67%. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa atau 83,33% dan siswa yang tidak tuntas hanya 4 siswa atau 16,67% dengan ratarata hasil belajar sebesar 78,75. Penelitian ini hanya dilakukan sampai dua siklus karena pada siklus II semua indikator keberhasilan sudah tercapai. Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media CD interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang selain meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa juga mampu meningkatkan performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:54
Last Modified: 07 May 2014 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item