Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang

Afrianti Kurniasari, 1401409334 (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang)
Download (6Mb)

    Abstract

    Berdasarkan refleksi data hasil wawancara, catatan lapangan, dan observasi di kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru sudah menerapkan model inovatif namun belum sesuai sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan kurang memanfaatkan media pembelajaran. Selain itu siswa masih mengalami kesulitan menentukan topik dalam menulis serta pemilihan kata yang digunakan masih terbatas. Siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis sering merasa bosan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara me-ningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia melalui model Quantum Teaching berbantuan media puzzle pada siswa kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 36 siswa kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pengumpul-an data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan guru mengalami peningkat-an. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan rerata skor 26 yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat skor 34 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat skor 27,99 yang termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 33,19 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I adalah 69,44% lalu meningkat pada siklus II dengan ketuntasan mencapai presentase 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah model Quantum Teaching berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IVB SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Disarankan agar guru dapat berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Menulis narasi, puzzle, Quantum Teaching, SD.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 13:54
    Last Modified: 07 May 2014 13:54

    Actions (login required)

    View Item