PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TERLANGU 02 BREBES


Okvianny Nur Azizah, 1402408212 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TERLANGU 02 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TERLANGU 02 BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TERLANGU 02 BREBES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Terlangu 02 Brebes tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tersebut dengan cara menerapkan model yang lebih mengaktifkan, salah satunya adalah melalui penerapan model NHT. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru pada pembelajaran sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Terlangu 02 Brebes?” Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pre test, tes formatif pada tiap pertemuan, dan post test. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan angket, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan performansi guru. Berdasarkan analisis pratindakan, diperoleh nilai rata-rata pre test 54,19, persentase ketuntasan belajar siswa 33,33%. Pada siklus I nilai rata-rata tes formatif sebesar 67,78, persentase ketuntasan belajar 66,67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,50, persentase ketuntasan belajar 92,59%. Data nontes pada siklus I persentase aktivitas belajar mencapai 74,33% dan siklus II meningkat menjadi 85,23%. Nilai performansi guru pada siklus I sebesar 81,13 dan siklus II meningkat menjadi 87. Hasil post test memperoleh nilai rata-rata 82,13, persentase ketuntasan 92,59%. Dari hasil perolehan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Terlangu 02 Brebes dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran sumber daya alam dan model Numbered Heads Together.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 08 May 2014 00:57
Last Modified: 08 May 2014 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item