KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS


Kuat Sutopo, 1402408197 (2012) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan pendekatan pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Pendekatan RME dapat dijadikan pendekatan alternatif yang akan mendorong siswa aktif dengan menghadirkan benda nyata atau permasalahan dalam kehidupan nyata untuk mencapai pemahaman materi ajar. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan RME terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang mendapatkan perlakuan penerapan pendekatan RME dengan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional pada materi sifat-sifat dan jaring-jaring berbagai bangun ruang di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Two-group Posttest-Test-Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang, Banyumas tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 103 orang siswa yang terbagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas VA, VB dan VC. Sementara itu sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan kelas VA sebagai kelas ujicoba, VB sebagai kelas eksperimen dan VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa, thitung sebesar 4,556 dan ttabel sebesar 1,997 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata aktivitas belajar matematika siswa dengan penerapan kegiatan pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang lebih baik dari pada rata-rata aktivitas belajar matematika siswa dengan penerapan kegiatan pembelajaran secara konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,224 dan ttabel sebesar 1,997 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan penerapan kegiatan pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan penerapan kegiatan pembelajaran secara konvensional. Hasil dan aktivitas belajar siswa dari penerapan pendekatan RME terbukti lebih baik dari pada ix penerapan pembelajaran konvensional, sehingga guru perlu mempertimbangkan penerapan RME pada pelajaran matematika di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, RME, Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:51
Last Modified: 07 May 2014 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19229

Actions (login required)

View Item View Item