PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PERSOALAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG


Nur Hidayah, 1402408182 (2012) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PERSOALAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PERSOALAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PERSOALAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SIKAYU COMAL KABUPATEN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi persoalan faktual siswa kelas V SD Negeri 01 Sikayu Comal Pemalang masih rendah. Dari jumlah siswa sebanyak 42, 65 % siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), standar nilai KKM 75. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa, guru memerlukan media. Media yang digunakan dalam penelitian adalah media audio. Dengan menggunakan media audio diharapkan dapat mengatasi kesulitan pembelajaran menyimak khususnya materi persoalan faktual, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Yaitu pertemuan 1 menyampaikan materi dan pertemuan 2 untuk evaluasi. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Sikayu Comal Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes dan non tes., Indikator penelitian tindakan kelas ini yaitu, keaktivan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM minimal 70%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (70). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak persoalan faktual menggunakan media pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sikayu Comal mengalami peningkatan. Peningkatan diketahui dengan membandingkan hasil siklus I dan siklus II. Pada siklus I yaitu : rata-rata kelas 70.05, ketuntasan belajar secara klasikal 54.8%, rata-rata kelas aktivitas siswa 63%, nilai performansi guru 91.97 dengan kriteria A. Pada siklus II rata-rata kelas 88.60, ketuntasan belajar secara klasikal 78.6%, rata-rata kelas aktivitas siswa 91.68%, dan nilai performansi guru 91.76 dengan kriteria A. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, materi menyimak persoalan faktual pada siswa kelas V SD Negeri 01 Sikayu Comal Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyimak, Media audio, Persoalan faktual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:52
Last Modified: 07 May 2014 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19227

Actions (login required)

View Item View Item