PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENIRUKAN DIALOG DRAMA ANAK MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 04 PESUCEN KABUPATEN PEMALANG


Rifqi Arista Fauzi, 1402408178 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENIRUKAN DIALOG DRAMA ANAK MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 04 PESUCEN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENIRUKAN DIALOG DRAMA ANAK MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 04 PESUCEN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENIRUKAN DIALOG DRAMA ANAK MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 04 PESUCEN KABUPATEN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menirukan dialog drama anak siswa kelas III SD Negeri 04 Pesucen Kabupaten Pemalang pada tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan guru lebih didominasi dengan metode ceramah. Pada pembelajaran menirukan dialog drama anak siswa jarang diberikan kesempatan untuk berlatih langsung untuk menirukan dialog drama anak yang didengarnya. Akibatnya siswa cenderung bosan terhadap pembelajaran. Siswa lebih banyak duduk diam pada saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Langkah yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan mengganti metode pembelajaran yang digunakan. Guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang lebih menitikberatkan pada keaktifan siswa. Untuk dapat menirukan dialog drama anak dengan baik, maka siswa perlu diberi kesempatan untuk berlatih langsung. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Menirukan Dialog Drama Anak Melalui Metode Role Playing pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Pesucen Kabupaten Pemalang”. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 04 Pesucen Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 70, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, persentase keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 67,28 dengan ketuntasan belajar klasikal 72,41%, persentase keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 80,08%, dan nilai performansi guru 74,77 (B). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 77,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,10%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 88,89%, dan nilai performansi guru 85,74 (AB). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka guru disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran role playing karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:55
Last Modified: 07 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item