PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDENGARKAN DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 PENAKIR PEMALANG


Dewi Ayu Wulansari, 1402408175 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDENGARKAN DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 PENAKIR PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDENGARKAN DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 PENAKIR PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENDENGARKAN DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 PENAKIR PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang sangat penting bagi manusia, melalui bahasa seseorang dapat menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain sehingga terjadi komunikasi. Agar komunikasi berjalan lancar diperlukan penguasaan keterampilan berbahasa. Penguasaan keterampilan bahasa dapat dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi pembelajaran keterampilan berbahasa yang mencakup keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan menyimak, serta pembelajaran karya sastra Indonesia. Salah satu materi pembelajaran pada keterampilan menyimak adalah mendengarkan dongeng. Masalah yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran mendengarkan dongeng yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi unsur cerita. Unsur cerita itu terdiri dari menjelaskan tokoh, sifat tokoh, menentukan latar, menentukan tema, dan amanat yang terkandung dalam dongeng. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II SD Negeri 01 Penakir Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri 01 Penakir Pemalang. Pengumpulan data siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes yang dilakukan peneliti berupa tes tertulis dengan bentuk tes pillihan ganda. Teknik nontes berupa observasi aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Nilai awal sebesar 62, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 65,36. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata keterampilan mendengarkan dongeng dari nilai awal ke siklus I sebesar 3,36 poin.pada siklus II nilai rata-rata mencapai 77,21 mengalami peningkatan sebesar 11,85 poin dari siklus I dan meningkat sebesar 15,21 poin dari nilai awal. Simpulan peneliti adalah keterampilan mendengarkan dongeng siswa kelas II SD Negeri 01 Penakir Pemalang meningkat setelah menggunakan media wayang kartun. Saran yang peneliti sampaikan adalah guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran mendengarkan dongeng diantaranya dengan penggunaan media wayang kartun untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dongeng, Mendengarkan, Media Wayang Kartun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 21:11
Last Modified: 07 May 2014 21:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19224

Actions (login required)

View Item View Item