PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GONDANG PEMALANG

Alfatah Sukma Indah, 1402408173 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GONDANG PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GONDANG PEMALANG)
Download (1593Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPS tentang materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Gondang Pemalang semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Rendahnya hasil belajar terbukti dari 41 siswa, terdapat 47,22% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini disebabkan ada kecenderungan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Gondang Pemalang semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui pembelajaran model jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes dan nontes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes awal, tes formatif pada tiap pertemuan, dan tes akhir. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan angket, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan performansi guru. Subyek PTK ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 41. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pratindakan, diperoleh nilai rata-rata tes awal 68,73, persentase ketuntasan belajar siswa 58,54%. Pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 78,24 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 65,85%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai 68,25% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru sebesar 80,25 dengan kriteria nilai AB. Pada siklus II terjadi peningkatan pada rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 80,73 dengan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 75,61%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 75,15% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru mencapai 86,67 dengan kriteria nilai A. Hasil tes akhir memperoleh nilai rata-rata 79,46, persentase ketuntasan belajar siswa 78,05%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas V SD Negeri 01 Gondang Pemalang. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan model jigsaw pada pembelajaran di kelas karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Model Jigsaw
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 17:11
    Last Modified: 07 May 2014 17:11

    Actions (login required)

    View Item