PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 TEGAL


Atika Bety Riani, 1402408169 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA KELAS III SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPA mempelajari alam semesta, benda-benda yang ada di permukaaan bumi, di dalam perut bumi dan di luar angkasa, baik yang dapat diamati indera maupun yang tidak dapat diamati dengan indera. Pembelajaran IPA masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru, yaitu pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan yang membuat siswa cenderung pasif. Pembelajaran kooperatif teknik make a match merupakan pembelajaran yang menggunakan sistem gotong royong sebagai strategi pembelajarannya sehingga mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru akan pentingnya inovasi dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu guru yang mengajar kelas III dan siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Tegal tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dan siklus II masingmasing terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Cara pengumpulan data melalui tes formatif dan lembar pengamatan. Indikator keberhasilan meliputi pengamatan performansi guru minimal B atau nilai akhir 70. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa ditandai dengan keterlibatan siswa dalam belajar 75%. Serta hasil belajar siswa secara klasikal 75% siswa yang memperoleh skor > 75. Berdasarkan hasil penelitian, performansi guru pada siklus I mencapai skor 87,62, sedangkan pada siklus II mencapai skor 93,86. Hasil persentase pengamatan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 90,30% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96,60%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 76,40. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,40. Adapun ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Make A Match, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 21:11
Last Modified: 07 May 2014 21:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item