PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012


Indra Setyawan, 6101407085 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012)
Download (4MB) | Preview

Abstract

(1) Beberapa siswa putri mengeluh dan kurang bersemangat dalam pembelajaran dribbling sepak bola. (2) Beberapa siswa putri cenderung kurang aktif, mereka pada saat pembelajaran dribbling sepak bola merasa cepat bosan dan hanya duduk ditepi lapangan. (3) Pelajaran yang diberikan belum dikemas dalam modifikasi sehingga dijumpai siswa yang kurang antusias, bosan dan malas untuk bergerak. (4) Sarana dan prasarana seperti bola hanya terdapat dua buah bola standart yang salah satunya bocor dan satunya sangat keras apabila ditendang. (5) Lapangan yang digunakan terbuat dari paving. Untuk itu dapat ditarik rumusan masalah : Bagaimana model pengembangan pembelajaran dribbling sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sukorejo?. Tujuan dalam penelitian ini untuk membuat model pengembangan pembelajaran dribbling pada permainan sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sukorejo. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall. (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) mengembangkan bentuk produk awal. (3) evaluasi ahli mengunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran penjas SD. (4) uji coba kelompok kecil (10 siswa) dengan mengunakan kuesioner dan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) revisi produk awal. (5) uji coba skala besar (32 siswa). (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba lapangan skala besar. (7) hasil akhir model pengembangan pembelajaran dribbling pada permainan sepak bola melalui pendekatan bermain melalui revisi uji coba lapangan skala besar. Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi presentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli penjas 84%, (baik), ahli pembelajaran I 85,3%, (baik) dan ahli pembelajaran II 85,3% (baik), Dari uji coba skala kecil didapat hasil rata-rata persentase 94,3% (sangat baik), sedangkan untuk uji lapangan skala besar 92,4 % (sangat baik). Dari data yang ada dapat dikatakan bahwa model pembelajaran dribbling pada permainan sepak bola melalui pendekatan bermain ini efektif untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sukorejo. Saran : (1) Model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian materi. (2) model permainan ini dapat digunakan untuk mencapai tujuan penjas. (3) diharapkan bagi guru Penjas untuk menggunakan produk model pembelajaran dribbling ini pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan olah raga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:43
Last Modified: 10 May 2014 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19215

Actions (login required)

View Item View Item