MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA DENGAN MODIFIKASI ALAT GADA PADA SISWA KELAS V SD NGIJO 1 KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012


Laila Nuur Mutia, 6101407016 (2013) MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA DENGAN MODIFIKASI ALAT GADA PADA SISWA KELAS V SD NGIJO 1 KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA DENGAN MODIFIKASI ALAT GADA PADA SISWA KELAS V SD NGIJO 1 KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA DENGAN MODIFIKASI ALAT GADA PADA SISWA KELAS V SD NGIJO 1 KOTA SEMARANG TAHUN 2011/2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran senam irama dengan modifikasi gada bagi siswa Sekolah Dasar Pertama dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ngijo 01 yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling (pengambilan secara sub – sub dengan acak). Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (29 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran senam irama dengan modifikasi alat gada pada siswa kelas V SD Ngijo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan uji lapangan (29 siswa). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 82,7 % (baik), ahli pembelajaran I 90,7% (sangat baik), ahli pembelajaran II 86,7 % (baik), uji coba kelompok kecil 87,3% (baik), dan uji lapangan 97,5% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran senam irama dengan modifikasi alat gada ini dapat digunakan bagi siswa SD N Ngijo 1 Kota Semarang. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: Siswa sangat tertarik dan merasa senang dengan model senam irama yang diajarkan, sehingga siswa dapat bergerak secara efektif dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aspek ketertarikan siswa terhadap senam irama yang diberikan pada saat pelaksanaan penelitian. Penyediaan sarana dan prasarana untuk model pembelajaran senam irama ini sangat mudah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olah raga dan kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:44
Last Modified: 10 May 2014 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19213

Actions (login required)

View Item View Item