MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI ESTAFET PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG TAHUN 2011/ 2012


MAKHSUN AL AZHAR, 6101407014 (2013) MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI ESTAFET PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG TAHUN 2011/ 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101407014.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI ESTAFET PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG TAHUN 2011/ 2012]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN LARI ESTAFET PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMANGGUNG TAHUN 2011/ 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Atletik merupakan induk dari semua pembelajaran penjasorkes siswa di sekolah. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model pembelajaran atletik melalui modifikasi permainan lari estafet pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temanggung?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran atletik melalui modifikasi permainan lari estafet pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temanggung dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktifitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan modifikasi, yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan dari hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran penjas SD, serta uji coba skala kecil (15 siswa), dengan menggunakan kuesioner dan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk awal, (5) uji coba skala besar (35 siswa), (6) revisi produk akhir setelah melakukan uji coba lapangan skala besar, (7) hasil akhir model permainan lari estafet dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan skala besar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temanggung dengan jumlah 35 siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Dari data hasil penelitian diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 82,50% (baik), ahli pembelajaran I 87,50% (baik), dan ahli pembelajaran II 80.00 % (baik). dari uji coba lapangan skala kecil didapat hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 93,57% (sangat baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan setelah uji coba skala kecil didapat hasil evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 90.00% (baik), ahli pembelajaran I 92.50 % ( sangat baik) dan ahli pembelajaran II 92.50 % (sangat baik). Dari hasil kuesioner rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 89.56 % (baik). Dari data yang ada dapat dikatakan bahwa model pembelajaran atletik melalui modifikasi permainan lari estafet ini efektif untuk siswa kelas I MI Negeri Temanggung. Saran: 1) model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian materi, 2) model permainan dapat digunakan untuk mencapai tujuan penjas, 3) diharapkan bagi guru Penjas untuk menggunakan produk model pembelajaran ini pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Atletik, Model Permainan Lari Estafet.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:45
Last Modified: 10 May 2014 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19212

Actions (login required)

View Item View Item