SURVEI PROSES PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C YAYASAN DHARMA MULIA SEMARANG TAHUN 2012


Hendra Novianto, 6101407008 (2013) SURVEI PROSES PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C YAYASAN DHARMA MULIA SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PROSES PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C YAYASAN DHARMA MULIA SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (SURVEI PROSES PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C YAYASAN DHARMA MULIA SEMARANG TAHUN 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pendidikan jasmani anak tunagrahita di SLB Dharma Mulia Semarang tahun 2012? Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui proses pendidikan jasmani anak tunagrahita di SLB Dharma Mulia Semarang tahun 2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi 9 guru dan 50 anak, dengan sampel 9 guru dan 20 murid, penelitian ini juga menggunakan penelitian diskriptif presentase. Pendekatan penelitian ini adalah survei dengan lokasi penelitian di SLB Dhrama Mulia Semarang. Data penelitian dihimpun langsung melalui: (1) pengamatan atau observasi, (2) wawancara, dan (3) pengumpulan dokumen. Bentuk analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan jasmani anak tunagrahita di SLB Dharma Mulia Semarang tahun 2012 diketahui bahwa sebagian (1) jawaban guru dalam 10 butir tanggapan sebesar 33,33%, menyatakan bahwa sebagian proses pembelajaran penjas sudah berlangsung dengan sangat baik, (2) sedangkan sebagian besar jawaban guru dalam 17 butir tanggapan sebesar 56,68%, menyatakan bahwa sebagian besar proses pembelajaran penjas sudah berlangsung dengan baik, (3) sedangkan jawaban guru dalam 3 butir tanggapan sebesar 9,99%, menyatakan bahwa sebagian proses pembelajaran sudah berlangsung dengan cukup baik, dan (4) jawaban guru dalam 0 butir tanggapan sebesar 0%, menyatakan bahwa proses pembelajaran penjas kurang baik. Dengan demikian menunjukkna bahwa proses pelaksanaan pendidikan jasmani anak tunagrahita di SLB C Dharma Mulia Semarang secara umum adalah baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan secara umum bahwa penelitian terhadap proses pendidikan jasmani anak tunagrahita di SLB C Dharma Mulia Semarang diperoleh jumlah skor sebesar 2275 dengan presentase skor sebesar 56,68% dan termasuk ke dalam kategori baik. Saran yang disampaikan adalah: (1) Bagi UNNES untuk mengadakan program studi atau jurusan Penjas Adaptip yang mencetak dan menghasilkan guru penjasorkes untuk sekolah luar biasa. (2) Bagi guru penjasorkes optimalkan sarana prasarana yang sudah ada supaya tercapai, kembangkan model-model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, dan perbanyak variasi materi guna memperkaya pengetahuan gerak. (3) Bagi sekolah ajukan permintaan kepada dinas terkait untuk membantu baik material maupun tenaga pengajar guna peningkatan mutu kualitas pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 10 May 2014 12:45
Last Modified: 10 May 2014 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19211

Actions (login required)

View Item View Item